Dec 2, 2008

Belajar dari Alam

(Begitulah) ciptaan Allah yang membuat dengan sebaik-baiknya segala sesuatu. (QS 27:88)
Sebenarnya banyak sekali hal menarik di lingkungan kita yang bisa kita ambil sebagai pelajaran.

Satu
Perhatikanlah bagaimana Allah mengatur jagad raya ini. Semua serba teratur. Perhatikan bagaimana planet-planet selalu berada dalam orbitnya. Kalau bumi lepas dari orbitnya, misalnya lebih mendekati matahari sedikit saja maka terbakarlah semua yang di bumi, kalau menjauh dari matahari sedikit saja maka akan membekulah seluruh isi bumi. Perhatikanlah pergantian siang dan malam, perpindahan musim hujan dan kemarau, aneka ragam buah buahan yang selalu tumbuh pada musimnya. Semuanya serba teratur, seimbang, serasi dan penuh perhitungan.

Kenyataan ini mengajarkan kepada kita untuk menyempurnakan karya-karya kita, merencanakan kegiatan-kegiatan kita dengan baik, dan memenej kehidupan kita dengan seimbang dan serasi.

Dua

Perhatikanlah bahwa langit yang biru selalu dihiasi awan yang berwarna indah dengan bentuk unik dan tidak pernah sama. Kadang-kadang awan itu menjadi gelap dan menyeramkan menutup matahari, menggelapkan bumi. Namun cepat atau lambat awan itu akan bergerak pergi meninggalkan matahari sembari menyingkapkan kemilau cahayanya.

Begitu pula kehidupan kita, awan kesedihan tidak mungkin menutup hati kita selamanya. Cepat atau lambat ia akan bergerak pergi sejauh yang kita inginkan. Kita tidak bisa menghalangi burung kesedihan terbang melewati kita, tapi kita tentu tidak boleh membiarkan burung tersebut bersarang dan menetas di kepala kita.

Sebagaimana awan yang menutup matahari, bumi kita ini dari saat ke saat diserang badai yang dahsyat. Tapi angin itu tidak akan terus bertiup kencang, ia akan berangsur-angsur menjadi angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.
Begitu pula kehidupan ini, kita tidak mungkin dilanda persoalan terus-menerus. Semua problem itu cepat atau lambat akan berakhir dan membuat kita jauh lebih kuat dan bijaksana.

Kata-Kata Bijak:
· Pasokan waktu merupakan keajaiban yang terjadi tiap hari. Kau bangun pagi, dan tiba-tiba saja di kantongmu sudah ada 24 jam. Itu semua milikmu. Hartamu yang paling berharga. (Arnold Bennet)
· Setiap orang menciptakan cuacanya sendiri, menetapkan warna langit sendiri di alam emosi yang dihuninya.
· Alam penuh dengan hal-hal menakjubkan. Ia dengan sabar menunggu pikiran kita semakin cerdas.
· Bila kau tak bisa menciptakan jagad raya ini dalam 6 hari, mungkin memberikan “saran” kepada Tuhan bukanlah suatu gagasan yang baik.
· Aku tak bisa membuat Alam menaatiku, aku tidak bisa membuat orang lain setuju dengan tingkah lakuku, aku bahkan tidak bisa membuat tubuhku tunduk kepadaku. (Thomas Merton)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing berjalan pada garis edarnya. (QS. 36:40)
=================================================


Di kutip dari:
B A H A G I A
Dunia-Akhirat
Oleh Husein Anis